Tuesday, November 8, 2011

contoh surat permohonan beasiswa PEMDA sumbawa


Sumbawa besar 4 april 2011
Kepada Yth.
Bapak Bupati Sumbawa
di-
Tempat

Lampiran         : 1
Hal                  : Permohonan Beasiswa
Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini saya :
Nama                                                   :   putu adnyana
Tempat/tanggal lahir                              :   kembang sari.11 desember 1990
Semester                                              :  VI
Jurusan                                                :   Biologi
Fakultas                                               :   keguruan dan ilmu pendidikan
Alamat                                                :  Jl.gurami kel.seketeng
No.Hp                                                             :  081909029279
Bersama ini saya mengajukan permohonan beasiswa pendidikan dengan lampiran sebagai berikut :
1.      Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi sedang aktif mengikuti perkuliahan
2.      Surat Keterangan tidak sedang menerima beasiswa dari Lembaga lain
3.      Kartu hasil studi dari semester 1 – 5 yang dilegalisir
4.      Kartu maha siswa yang dilegalisir
5.      Foto copy Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku
6.      Surat permohonan dari kampus
7.      Foto copy rekening Bank BPD

Demikian permohonan ini saya ajukan untuk dapat diterima, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                                                     Pemohon


   ( Putu Adnyana )

Sunday, November 6, 2011

SUSU KUDA LIAR SUMBAWA


SUSU KUDA LIAR SUMBAWA

                Produksi susu kuda liar banyak kita temukan di kabupaten sumbawa yaitu di desa leseng tujuan masyarakat leseng untuk mendapatkan susu kuda liar kemudian di perjualkan,hampir keseluruhan masyakat didesa tersebut memelihara kuda selain di gunakan untuk mengangkut hasil panen juga dimanfaatkan susunya.
 putu adnyana universitas samawa


Adapun kuda yang akan diperah yaitu :
1.       Kuda yang sudah melahirkan anak,
2.       Setelah seminggu setelah beranak barulah di perah susunya
3.       Pemerahan dilakukan dikandang kuda
4.       Kuda di ikaat agar tidak melompat
5.       Pemerahan  dilakukan di pada pagi hari siang dan sore hari
6.       Susunya dimasukan kedalam botol yang berukuran 120 ml
7.       Setelah mendapat susunya 2 botol lalu diberhentikan pemerahan
8.       Kemudian linjutkan jika sudah lewat dari 1 jam
9.       Setelah selesai dilakukan pemerahan baru lah susu tersebut di masukan kedalam botol dan di simpan
1      Susu tersebut langsung di konsumsi tanpa pengolahan lagi.
Manfaat susu kuda liar anta lain :
1.       Enak di minum pengganti susu lain
2.       Di jadikan obat
3.       Dapat menyembuhkan penyakit batuk
4.       Dapat menyenbuhkan penyakit asma
5.       Memperkuat tulang
6.       Memperkuat persendian
7.       sebagai anti bodi
oleh karena itu susu kuda liar selain di jadikan penyedian daging juga dinfaankan susunya sehingga kuda – kuda tersebut dipelihara diberi kan makanan yang bergizi agar mampu menghasilkan susunya yang banyak.
                Proses penjualan susu kuda liar ini hanya di perjualkan di desa leseng saja, mereka tidak memasarnya di pasar – pasar  ataupun toko – toko susu kuda liar.

Wednesday, November 2, 2011

PENATAAN TAMBANG RAKYAT LABAOONG


Putu adnyana unsa biologi



PENATAAN TAMBANG RAKYAT LABAOONG 
Wilayah pertambangan sangat perlu ditetapkan agar memudahkan masyarakat dan pemerintah dalam meminimalisirkan dampak lingkungan. Dalam hal ini kita dapat menjadikan satu wilayah untuk menjadi wilayah pertambangan. Pemerintah kabupaten Sumbawa dalam hal ini eksekutif, legislative, dan unsure lainnya duduk bersama untuk menetapkan Wilayah Pertambangan.
Labaong dapat kita jadikan wilayah pertambangan rakyat yang kemudian wilayah-wilayah lain yang sudah kadung dijarah oleh penambang maupun wilayah yang berpotensi dijaga secara ketat. Setelah labaong telah dijadikan wilayah pertambangan rakyat maka pemerintah dapat mengarahkan semua masyarakat untuk menambang di labaong dan tidak di ijinkan lagi untuk menambang di tempat lain. Hal ini sangat diperlukan sosialisasi dan pendekatan komunikasi yang aktif terhadap masyarakat.
























MARAKNYA GELONDONG EMAS DI KABUPATEN SUMBAWA




Disusun oleh : 
PUTU ADNYANA
UNIVERSITAS SAMAWA ( UNSA )

Semenjak munculnya tambang rakyat di laboong yang mengundang ribuan penambang lokal  untuk berbondong menunjuk bukit yang kaya akan sumber mineral mas,penembang tersebut datang dari segalah penjuru arah, sulawesi, kalimantan, jawa,lombok,bima menunjuk ke lokasi pertambangan.
Tidak hanya melakukan penambangan akan tetapi para pendatang mendirikan tempat pemecahan batuan mas ( gelondong ) mereka juga ada yang membangun tong.gelondong dipinggir jalan provinsi dan lokasi lainnya jumlahnya mencapai ribuan.

Tuesday, October 25, 2011

rencana pelaksanaan pembelajaran penemu sel robert hooke


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Sekolah                  : SMA NEGERI 1 SUMBAWA BESAR
Mata pelajaran                     : Biologi
kelas/semester                    :  XI/I
pertemuan                            : 1 x pertemuan
standar kompetensi         : Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit     terkecil kehidupan
kompetensi dasar              : Mendiskripsikan sel dan struktur sel dan fungssi sel                         sebagai unit terkecil

Indikator                   :
1.    Guru menjelaskan sejarah penemuan sel
2.    Guru menampilkan gambar tentang bentuk  sel
3.    Guru menampilkan gambar struktur  sel
4.    Guru menjelaskan struktur dan  fungsi  sel

Alokasi Waktu         : 1 X 25 menit

A.     Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran diharapkan:
1.       siswa dapat mengetahui  sejarah penemuan  sel
2.      Siswa dapat mengetahui bentuk sel
3.      Siswa dapat mengetahui gambar struktur sel
4.      Siswa dapat mengetahiui gambar dan fungsi stuktur sel
B.     Materi ajar:
Sejarah penemuan sel
Struktur sel dan fungsinya
C.    Metode
Ceramah, picture and picture
D.    Langkah-langkah kegiatan
a.      Pendahuluan
Apersepsi
Salam, Berdo’a dan  absensi,
Motivasi
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru:
-            Apa yang kalian ketahui tentang sel?
-            Siapakah orang yanbg pertana kali mengamati sel?
b.      Kegiatan inti
1.     Guru menjelaskan tentan sejarah penemuan sel
2.     Guru menampilkan gambar tentang bentuk sel
3.     Guru menampilakan gambar tentang stuktur sel
4.     Guru menunjukan bagian-bagian sel pada gambar
5.     Guru menjelaskan struktur sel  dan fungsinya
6.     Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa mengenai materi    yang telah dijelaskan yang belum dimengerti oleh siswa
7.     Guru memberikan kesempatan kepada siwa lain untuk menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh temannya
8.      Guru menyempurnakan jawaban yang telah diberikan oleh siswa yang memberi tanggapan
9.     Guru mengambil kesimpulan mengenai materi yang telah diajarkan

c.      Penutup
1.     Guru memberikan tugas rumah
2.     Salam
E.     Penilaian
Teknik penilaian: tes tertulis. Tanya jawab
Bentuk instrumen : uraian
F.     Sumber Belajar
IPA Biologi SMA Kelas XI Semester I, gambar bentuk dan struktur sel

Sumbawa 23 Oktober 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Pembimbing


   Drs susanti                                                                                             Putu Adnyana


SOAL
SEKOLAH                                        : SMA NEGERI 1 SUMBAWA
MATA PELAJARAN                       : IPA BIOLOGI
KELAS/SEMESTER                       : XI I
PERTEMUAN                                  : I X PERTEMUAN

1.    Sebutkan tokoh-tokoh penemu sel ?
2.    Sebutkan bagian-bagian sel ?









KUNCI JAWABAN

SEKOLAH                            : SMA NEGERI 1 SUMBAWA
MATA PELAJARAN           : IPA BIOLOGI
KELAS/SEMESTER           : XI I
PERTEMUAN                      : I X PERTEMUAN


1.    Tokoh-tokoh penemu sel
a.    Robert Hooke
b.    Antonie leeuwenhooke
c.    Felix Durjadin
d.    Johanes Purkinye
e.    Theodor Scwann
2.    Bagian-bagian sel
a.    Membran sel
b.    Inti sel
c.    Sitoplasma
d.    Organel-organel sel




PEDOMAN PENSKORAN

SEKOLAH                            : SMA NEGERI 1 SUMBAWA
MATA PELAJARAN           : IPA BIOLOGI
KELAS/SEMESTER           : XI I
PERTEMUAN                      : I X PERTEMUAN

No
Kunci/kriteria jawaban
skor
Skor maksimal
1
·         Empat Jawaban Benar
·         Tiga Jawaban Benar
·         Dua Jawaban Benar
·         Satu Jawaban Benar
·         Tidak ada jawaban
4
3
2
1
0
            4
2





·         Empat Jawaban Benar
·         Tiga Jawaban Benar
·         Dua Jawaban Benar
·         Satu Jawaban Benar
·         Tidak ada jawaban
4
3
2
1
0
            4
Total skor

            8  



NA =   SKOR PEROLEHAN   X 100
            SKOR MAKSIMAL




TABEL KONVERSI NILAI

SEKOLAH                            : SMA NEGERI 1 SUMBAWA
MATA PELAJARAN           : IPA BIOLOGI
KELAS/SEMESTER           : XI I
PERTEMUAN                      : I X PERTEMUAN

Jumlah jawaban yang benar
NILAI
8
100
7
87,5
6
75
5
62,5
Jumlah jawaban yang benar
NILAI
4
50
3
37,5
2
25
1
12,5